Layanan Sistem Informasi Manajemen Perusahaan JNE

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.
Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi. Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.
Dalam rangka memberikan yang terbaik untuk konsumenya, maka perusahaan menyediakan beberapa layanan diantaranya sebagai berikut ini:

SUPER SPEED
Layanan super speed merupakan layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan/disepakati.
Layanan ini memiliki beberapa ketentuan, yaitu:
  1. Layanan SS tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat maupun udara. Khusus transportasi udara adalah yang memiliki jadwal penerbangan langsung (direct flight)ke tujuan.
  2. Service Level Agreement (SLA)layanan SS adalah maksimum 24 jam sejak transaksi/paket dijemput kurir.
  3. Pada kondisi tertentu estimasi pengiriman dapat melampaui 24 jam apabila ada permintaan khusus (special instruction) dari pelanggan.
  4. Berlaku garansi uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam atau melampaui permintaan khusus (special instruction).
  5. Pengirim akan menerima pemberitahuan keberhasilan pengiriman paket melalui ponsel ke nomor ponsel pengirim yang tercantum pada resi.
YES
YES yang merupakan singkatan dari Yakin Esok Sampai merupakan layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk Minggu dan hari libur nasional).
Ketentuan dari layanan ini adalah:
  1. Berlaku waktu batas maksimum (cut off time) pengiriman.
  2. Penyampaian ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat.
  3. Berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan.
  4. Garansi uang kembali (money back guarantee) apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE.
  5. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill numbermelalui website
REGULER
Reguler meruupakan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.
Ketentuan-ketentuan dari layanan ini adalah:
  1. Tidak melayani pengiriman di hari minggu dan libur nasional.
  2. Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).
  3. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill numbermelalui website JNE
OKE
OKE atau yang merupakan singkatan dari Ongkos Kirim Ekonomis adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari Service REGULER.
Tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Sama seperti layanan JNE yang lainnya, OKE juga memiliki beberapa ketentuan. yaitu:
  1. Tidak melayani pengiriman di hari sabtu, minggu dan libur nasional
  2. Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).
International Service
JNE Internasional adalah layanan pengiriman dengan tujuan ke luar negeri.
Ketentuan:
  1. Pengantaran berlaku di hari kerja di negara tujuan dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman (estimate time delivery) bervariasi tergantung zona negara.
  2. Berlaku biaya tambahan untuk kondisi khusus
  3. Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).
Informasi Pengiriman:
  1. Pengiriman internasional wajib disertai dengan Commercial invoice dari pihak pengirim dengan menggunakan bahasa inggris dan tidak diperkenankan menggunakan tulisan tangan dengan detail sbb :
  1. Harga barang
  2. Jumlah barang
  1. Untuk pengiriman non dokumen biaya kirim belum termasuk duty & tax di negara tujuan yang dibebankan kepada pihak penerima, atau jika pihak penerima menolak untuk pembayaran tersebut maka biaya duty & tax tersebut akan di bebankan kepada pihak pengirim dengan di informasikan sebelumnya oleh Customer Service JNE
  1. Penulisan alamat penerima harus mencantumkan kode pos dan nomor telepon penerima dan alamat email (jika memiliki).
  1. Kiriman non dokumen berupa  cairan atau bubuk harus menyertakan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan menginforasikan kepada customer untuk jenis kiriman tersebut di perlukan penambahan waktu pengiriman dari estimasi yang berlaku, karena harus dilakukan pengecakan MSDS terlebih dahulu.
  1. Untuk kiriman dokumen dengan berat lebih dari 2 kg maka kiriman tersebut masuk ke dalam kategori paket
  1. Perhitungan volumetrik sbb : P x L x T : 5000
Informasi  Berat Kiriman:
  1. Untuk berat kiriman maupun volumetric dengan berat sampai dengan 50 kg dikenakan biaya packing sebesar Rp. 200.000,-
  2. Untuk berat kiriman maupun volumetic dengan berat 50 kg – 100 kg dikenakan biaya packing sebesar Rp. 500.000,-
  3. Untuk berat kiriman maupun volumetic dengan berat 100 kg – 150 kg dikenakan biaya packing sebesar Rp. 700.000,-
  4. Untuk berat kiriman maupun volumetic dengan berat diatas 150 kg dikenakan biaya packing sebesar : dihitung secara khusus
  5. Extra biaya fumigasi sebesar Rp. 650.000 per kiriman per CBM.
Jika dilihat dari beberapa contoh pelayanannya, layanan di perusahaan ini sudah sangat baik walaupun mungkin ada kekurangannya, mulai dari mengirim barang domestik hingga internasional. Layanan yang ada di atas hanya sebagian, masih banyak lagi layanan yang disediakan oleh perusahaan JNE, untuk lebih lengkapnya lagi silakan cek di https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express

Terimakasih :)

Komentar

Postingan Populer